Profil DH
Sekilas tentang DH
Darul Hikam didirikan pada 1 April 1966 sebagai wujud kepedulian terhadap kualitas dan peran generasi penerus bangsa di zaman global
Visi
Menjadi sekolah Islam terbaik di Jawa Barat melalui budaya (jatidiri, ciri khas dan keunggulan) Berakhlak dan Berprestasi untuk dikembangkan di seluruh nusantara
Misi
- Melaksanakan pendidikan Islam secara utuh, terpadu dan sempurna untuk membangun Akhlakul Karimah siswa dan semua civitas akademika.
- Melaksanakan pendidikan umum secara utuh, terpadu dan sempurna untuk meraih prestasi siswa dan civitas akademika dalam berbagai bidang pendidikan
- Membangun citra baik sekolah Islam sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional
- Membangun silaturahim dan kerjasama dengan orangtua dalam proses pendidikan islam bagi putra-putri mereka
- Melakukan kepedulian dan pemberdayaan masyarakat sekitar sekolah
KOMITMEN DASAR
Darul Hikam didirikan 1 April 1966 sebagai wujud kepedulian terhadap kualitas & peran generasi penerus bangsa di zaman global.
Sekolah inti / sekolah kader:
- Jumlah siswa dibatasi maksimal 25 orang/kelas (kelas unggulan) dan 15 orang/kelas (int)
- Rasio guru : siswa = 1 : 10 untuk TK, dan
- Rasio guru : siswa = 1 : 15 untuk SD, SMP, SMA
- Didukung dengan sistem Wali Asuh
- Layanan individual
- Boarding School
KEUNGGULAN PENDIDIKAN
1. Sasaran Pendidikan
Potensi Qolbu
- Potensi Iman SQ: komitmen kepada Islam / kebenaran
- Potensi Nafsu EQ: tawadlu dan peduli terhadap sesama
- Potensi Akal/fikir IQ: kritis, kreatif & analitis.
2. Model dan Kurikulum Pendidikan
Integrated, Holistik Islam & Edukatif.
KEUNGGULAN METODE PENDIDIKAN
- Metode Pengembangan Potensi Iman
Antara lain dengan penciptaan atmosfir Islam, bimbingan ibadah, kajian ayat kauniyah & kauliyah, zikir, studi kasus/ kesaksian iman, pesantren. - Metode Pengembangan Nafsu/ Emosi
Antara lain dengan dzikir, disiplin peraturan sekolah, bimbingan ibadah-ibadah khusus, sistem rewards & punishment, latihan kepemimpinan. - Metode Pengembangan Potensi Akal Pikiran
Dengan pembiasaan riset, budaya diskusi/ debat, metode belajar partisipatif.
STRUKTUR KURIKULUM
- Kurikulum Inti
Dinul Islam sebagai fondasi basis pendidikan jati diri dan basis pengembangan ilmu-ilmu umum/duniawi (Kurikulum Darul Hikam) - Kurikulum Utama
IPTEK yang berbasis Islam sebagai kekuatan penumbuh karya dan amal (Kurikulum Nasional) - Komunikasi Internasional
Standarisasi kurikulum internasional melalui aplikasi Kurikulum Cambridge
KEKHASAN OUTPUT
Diukur dengan standar kompetensi siswa meliputi:
- Kompeten SQ seperti budaya beribadah, contohnya shalat dan dzikir.
- Kompeten EQ seperti kemampuan kepemimpinan dan kepedulian sosial.
- Kompeten IQ seperti kemampuan prestasi akademik dan daya nalar.